Tips Menjaga Kesehatan jantung

Jantung merupakan oragn tubuh yang memiliki fungsi yang paling vital. Memompa darah dan mengedarkan sari-sari makan ke seluruh tubuh sehingga sistem metabolisme tubuh kita menjadi sangat bergantung pada jantung. Jadi, menjaga kesehatan jantung sejak dini merupakan hal yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Jantung hanya satu dan akan berfungsi sepanjang hidup kita. 

Tips Menjaga Kesehatan jantung (tempatkesehatan.com)
Menurut beberapa sumber media terpercaya yang mengulas beberapa tips tentang kesehatan tubuh seperti www.fitnea.com menuliskan jika ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan jantung, meliputi : 

Tidur tujuh sampai delapan jam untuk melindungi jantung 

Saaat tubuh kita kurang tdur, kita akan kelelahan. Kelelahan merupakan salah satu gejala penyakit jantung. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena tidur membantu kita mengatur aktivitas insulin dan kurang tidur menyebabkkan resistensi insulin. Padahal insulin membantu mengelola kadar gula darah dalam tubuh. Bila kita kurang tidur, tubuh akan menghasilkan gula yang akan berpengaruh pada penambahan berat badan dan tingginya resiko penyakit jantung. 

Menurunkan berat badan minimal 5 kilogram 

Menurunkan berat badan sebesar 10-15 % dapat meningkatkan kesehatan jantung. Cara untuk menurunkan berat badan secara mudah salah satunya adalah dengan cara senam aerobik selama 25 menit atau 4 kali seminggu. Olahraga jenis ini dapat memperkuat jantung sekaligus menurunkan kolesterol dalam darah. 

Tertawa dan Rileks 

Tertawa adalah obat alami yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Jika kita ingin memiliki jantung yang sehat, maka cara yang paling mudah adalah tertawa. Selain dapat mencegah stres dan menghindari depresi, tertawa juga merangsang produksi endopin yang dapat membuat kita bahagia. Selain itu, tubuh merespon tawa dengan menurunkan tingkat stres hormon kortisol. 

Minum air putih dan asam lemak omega-3 

Cegah dehidrasi dengan mengkonsumsi cukup air setiap hari. Untuk yang tidak bisa mengkonsumsi ikan laut setiap hari, bisa menggantinya dengan kapsul omega-3 yang dapat dikonsumsi setiap hari. 

Ketahui riwayat penyakit keluarga 

Jika pada awal kita sudah mengetahui riwayat kesehatan anggota keluarga, maka  kita dapat mengantisipasinya sejak dini. Kita harus mengetahui apakah ada salah satu anggota keluarga yang sakit jantung, stroke, atau penyakit kardiovaskuler lainnya. Sering-seringlah konsultasi ke dokter bila memang keluarga kita memilki riwayat penyakit seperti di atas.

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan jantung"

Posting Komentar