9 Cara Mudah Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Tubuh manusia telah disusun sedemikian rupa oleh Sang Pencipta untuk melakukan fungsinya dengan baik, salah satunya memiliki sistem detoksifikasi. Sistem detoksifikasi berguna untuk menyaring dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Tetapi, supaya proses detoksifikasi tersebut dapat berjalan secara maksimal sehingga tubuh lebih mudah mengeluarkan racun, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Dengan hanya membiasakan beberapa hal yang sederhana saja, ternyata dapat memberikan efek baik bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari lifehack.org, ada sembilan hal yang bisa kita lakukan untuk membuat sistem detoksifikasi berjalan lebih maksimal, atau untuk membuat racun lebih mudah keluar dari tubuh. Sembilan hal tersebut, meliputi:
9 Cara Mudah Mengeluarkan Racun dari Tubuh (www.kesekolah.com)

Mengurangi Konsumsi Makanan Olahan atau Instan
Makanan instan atau olahan memiliki kandungan bahan aditif yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif. Bila kita terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan ini, bukannya membuang racun, kita malah menumpuk cadangan racun dalam tubuh. Pengurangan konsumsi makanan instan dapat dibarengi dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur memiliki kandungan vitamin, serat, dan mineral yang berguna dalam pembersihan racun. Buah dan sayur juga membuat tubuh terasa lebih segar dan berenergi.  Selain itu, dengan mengurangi konsumsi makanan olahan atau instan, kita bisa mengurangi asupan lemak, sodium, maupun gula berlebih.

Memperbanyak konsumsi teh hijau
Teh hijau merupakan minuman yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta dapat memperlancar proses metabolisme yang terjadi dalam tubuh. Selain kaya antioksidan, teh hijau juga dapat mengatasi masalah dehidrasi sehingga kebutuhan cairan tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Rutin meminum teh hijau juga dapat mencegah penyakit pernafasan, seperti selesma. Jadi, konsumsi teh hijau secara rutin satu cangkir setiap hari dapat membantu proses pengeluaran racun menjadi lebih maksimal.

Melakukan Latihan Peregangan Otot
Salah satu hal yang bisa dilakukan dalam mempermudah pembuangan racun dari dalam tubuh adalah dengan cara memperlancar aliran oksigen dalam tubuh. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan peregangan dengan pose yang ditahan dalam waktu lama, seperti meditasi yoga. Melakukan latihan peregangan otot dalam satu sesi singkat, bila dilakukan secara rutin seperti minimal dua kali seminggu selain dapat memperlancar proses detoksifikasi, dapat pula membuat tubuh kita menjadi rileks dan mencegah stres.

Berkeringat
Proses ekskresi dan sekresi tubuh memang bertujuan untuk mengeluarkan berbagai racun yang terbentuk dari proses metabolisme. Salah satunya adalah berkeringat. Ketika kita mengeluarkan keringat, sebagian besar racun yang terakumulasi dalam tubuh juga ikut dikeluarkan. Rutin berolahraga seperti jogging selama 15 menit  setiap hari terbukti dapat membantu tubuh mengeluarkan keringat. Melakukan aktifitas di dalam ruangan seperti membersihkan ruangan, mencuci, atau merapikan perabotan juga dapat mempermudah tubuh melakukan proses detoksifikasi.

Minum air putih
Selain membantu ginjal membantu membuang zat racun dari dalam tubuh, minum air putih terbukti mampu membuat kulit kita terlihat lebih segar.

Bermeditasi
Pikiran negatif  yang mengendap di otak karena pekerjaan yang menumpuk, permasalahan yang dihadapi sehari-hari juga dapat membuat akumulasi racun dalam tubuh. Selain mendekatkan diri kepada Tuhan, ada satu cara yang bertujuan untuk merilekskan pikiran. Cara untuk merilekskan pikiran salah satunya adalah dengan bermeditasi. Tidak harus bergabung dengan kelompok meditasi tertentu untuk bisa melakukan meditasi. Kita juga bisa melakukan meditasi sendiri. Sebagai contoh, kita bisa bangun pagi dan bermeditasi setidaknya 15 menit sebelum memulai aktifitas. Duduk bersila, tenangkan pikiran, maka kita akan bisa merasakan kedamaian dalam pikiran sehingga racun dalam tubuh bisa ikut terbuang.

Pergi ke Sauna
Selain untuk memberi kenyamanan pada tubuh, berada di sauna dapat mempermudah keringat untuk keluar dari tubuh. Tapi ingat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang setelah sauna untuk menjaga agar proses metabolisme tubuh berjalan dengan baik.

Buang Air Besar Secara Teratur
Usahakan agar memiliki kebiasaan buang air besar secara teratur, demi kelancaran sistem pencernaan dan metabolisme tubuh kita.

Hindari Rokok Dan Minuman Beralkohol
Ada 4000 bahan kimia yang terkandung dalam rokok, hal ini menjadikan rokok sering dijuluki pabrik kimia mini. Apalagi, rokok merupakan bahan karsinogenik, yaitu bahan yang dapat menyebabkan timbulnya kanker. Selain rokok, yang harus dihindari adalah minuman beralkohol. Minuman ini dapat menyebabkan kerusakan berbagai organ tubuh, salah satunya adalah kerusakan ginjal. Padahal, proses detoksifikasi bergantung sekali pada organ tubuh ini. Dapat dibayangkan apabila hati kita rusak, maka proses pembuangan racun dalam tubuh tidak bisa berjalan dengan baik.

0 Response to "9 Cara Mudah Mengeluarkan Racun dari Tubuh"

Posting Komentar