Model Baju Kebaya Bordir

Supaya kebaya bisa lebih mewah perlu beberapa aksen atau aksesoris tambahan seperti bordir. Teknik penggunaan aksen ini sudah familiar di kalangan masyarakat, harganya pun relatif lebih mahal. Kesan lebih tebal akan diperoleh model baju kebaya yang menggunakannya. Umumnya bordir dipakai untuk menghiasi model baju kebaya pesta atau kebaya di acara mewah. Namun model baju kebaya bordir tetap bisa digunakan di acara - acara resmi lain.

Model Baju Kebaya Bordir
Model Baju Kebaya Bordir (jegegshop.com)

Banyak sekali bahan dan teknik yang bisa digunakan untuk membuat bordir. Anda bisa menggunakan lebih dari satu teknik untuk mempercantik model kebaya bordir Anda. Kebaya bordir memang memiliki kualitas yang lebih baik dari pada kebaya model biasa.

Jenis benang untuk model baju kebaya bordir

Anda bisa memakai benang sulam untuk membuat bordir pada kebaya. Di pasar Anda akan menemukan cukup banyak benang yang akan membuat hasil bordirnya juga berbeda. Misalnya benang berwarna doft, ada pula yang agak mengilap atau jenis metalik. Harganya pun berbeda - beda tergantung kualitas dan ukuran.

Teknik bordir model baju kebaya bordir

Untuk membuat baju kebaya bordir perlu cara - cara khusus yang bisa dibagi menjadi dua yakni dengan cara manual atau dengan tangan dan dengan menggunakan mesin. Masih cukup banyak model baju kebaya yang dibuat menggunakan sulam tradisional. Anda perlu ilmu menjahit dan teknik - teknik tusuk benang seperti veston, tikam jejak, tangkai, jelujur, dan sebagainya. Cara manual dengan harus terampil sehingga bagi yang belum berpengalaman akan kesulitan dan bisa menghasilkan bordir yang tak baik.

Sangat berbeda dengan sulam bordir manual menggunakan tangan yang relatif sulit, ada yang lebih mudah yakni menggunakan mesin. Anda hanya perlu memasukkan kain di bawah mesin kemudia jahit sesuai motif yang diharapkan. Bordir mesin memang sejak lama sudah digunakan. Bahkan hari ini sudah ada yang menggunakan komputer. Variasi motif yang menarik dan mudahnya penggunaan adalah beberapa faktor yang membuat bordir mesin bisa Anda gunakan.

Kekurangan dari penggunaan mesin adalah Anda tak bisa memadukannya dengan bahan lain misalnya payet. Jika ingin menggunakan payet harus setelah model baju kebaya Anda rampung dibordir. Payet seperti ini lebih mewah dan glamor.

Hiasan model baju kebaya bordir bisa dibuat dengan pita - pita kecil. Teknik bordir tangan merupakan teknik yang pas untuk pembuatan hiasan ini. Walaupun pembuatannya lebih lama tentu sebanding dengan hasilnya yang memuaskan.

Bermacam - macam jenis kebaya bisa menggunakan bordir dengan teknik pemasangan yang berbeda - beda. Jika Anda ingin membuat model baju terbaru dari kain brokat yang berjaring sebaiknya Anda pastikan warna dan desainnya.

0 Response to "Model Baju Kebaya Bordir"

Posting Komentar