Kenalilah Penyebab Kelelahan

Kerjaan yang bertumpuk, jadwal meeting yang padat, dan deadline yang ketat seringkali membuat kita kehabisan energi. Bila tidak pandai mensiasati, tubuh akan mudah mengalami kelelahan yang berlebihan. Tentu saja, bila di biarkan terus-menerus, akan berdampak tidak baik bagi kesehatan. Memang, rasa lelah tersebut dapat dianggap wajar mengingat mobilitas atau aktifitas kita yang juga tinggi. Tak hanya kita yang bekerja outdoor, tetapi pekerja indoor pun kerap kali mengalami permasalahan yang sama.

Kenalilah Penyebab Kelelahan (gayahidup.plasa.msn.com)
Ada beberap faktor yang ternyata bisa menyebabkan kita mengalami kelelahan. Jangan khawatir, bila kita mau memperbaiki beberapa kebiasaan, maka penyebab rasa lelah yang berlebihan ini dapat dikurangi. Berikut ini kami sajikan bebebrapa tips bagaimana mengatasi kelelahan yang sangat menggagu metabolisme tubuh kita ini.

Anemia
Anemia, atau kekurangan sel darah merah bisa terjadi apabila tubuh kita kekurangan asupan zat besi dalam makanan yang kita makan. Apabila kita terkena anemia, maka sel darah merah tidak mampu mengikat oksigen untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Anemia juga bisa disebabkan karena menstruasi, defisiensi zat besi, kekurangan asupan asam folat, maupun kekurangan vitamin B12.

Bagaimana solusinya?

Jangan lupa sarapan pagi.
Banyak orang yang mengabaikan pentingnya sarapan pagi. Dampaknya, akan dirasakan menjelang tengah hari, saat energi tubuh mulai menipis dan tubuh tidak memiliki cadangan energi yang cukup. Bila tidak sarapan, tubuh akan  mudah mengalami kelelahan yang hebat. Selain itu, sarapan sangat penting dilakukan mengingat otak membutuhkan suplai zat gula untuk menjalankan metabolisme tubuh. Sarapan pagi dengan sayur dan buah terbukti dapat mengurangi gejala anemia, sehingga tubuh dapat terhindar dari rasa lelah berlebih.

Stres
Stres dapat timbul apabila kita memikirkan permasalahan terlalu dalam dan berlebihan. Dalam jangka panjang, segala bentuk pikiran negatif tersebut dapat menarik aura negatif yang membuat tubuh lelah. Bahkan, stres jangka pendek dan jangka panjang telah terbukti dapat menyebabkan masalah seperti kesulitan tidur, kekurangan energi, dan kurangnya konsentrasi. Jadi, solusi nya hanya satu, jangan stres. Selain itu, beberapa hal dibawah juga bisa mengurangi stres yang sering kita alami, 

Bukan hanya keuangan saja yang perlu dikelola, stres juga. Karena pada dasarnya stres merupakan salah satu akar penyebab berbagai masalah kesehatan banyak orang, termasuk kelelahan. Jika kita terus-menerus merasa lelah dan lesu, mualilah belajar untuk mengelola stres dengan baik. Kita bisa meluangkan waktu dengan keluarga di sela-sela kesibukan, atau melakukan me-time dengan hal-hal yang menyenangkan.

Kurangi kafein sebelum tidur
Kafein berpotensi membuat kita tetap terjaga setelah mengonsumsinya. Saat minum minuman yang mengandung kafein, seperti teh atau kopi, tubuh akan melepaskan adrenalin yang menjadi sumber respon untk melawan kantuk, yang secara tidak langsung memaksa tubuh untuk kembali bekerja.

Kekurangan cairan
Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh juga berpotensi dapat menyebabkan kelelahan. Ada hal yang bisa kita lakukan supaya kita terhindar dari dehidrasi, diantaranya:
  1. Banyak minum air putih, Ketika tubuh mendapatkan cukup air, akan membuatnya berfungsi dengan baik dan kembali ke keadaan aktif.
  2. Kurangi makanan cepat saji dan perbanyak sayur dan buah, Kandungan serat, vitamin, dan mineral pada sayur dan buahh dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh dan memberikan cairan pada tubuh yang telah hilang.
Yang paling penting, usahakan kita benar-benar mencintai pekerjaan kita. Apapun pekerjaan tersebut, apabila kita benar-benar menikmatinya, maka tidak akan muncul istilah kelelahan berlebihan. 

0 Response to "Kenalilah Penyebab Kelelahan"

Posting Komentar