Tanaman Lebih Bebas Bergerak Dengan Pot Unik Ini

Siapa sangka tanaman juga bisa bergerak. Bunga matahari misalnya, dapat bergerak secara alami mengikuti arah datangnya sinar matahari, hal inilah yang rupanya menginspirasi produsen asal Barcelona, Studio BAG Disseny dalam membuat karya terbarunya. Gerakan pada tumbuhan merupakan suatu resapan terhadap rangsangan (stimulus) baik yang berasal dari dalam maupun luar individu. Timbulnya gerak pada tumbuhan merupakan bukti adanya iratibilitas.

Tanaman Lebih Bebas Bergerak Dengan Pot Unik Ini (www.vemale.com)

Terinspirasi Gerak Fototropisme

Fototropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan oleh pengaruh rangsangan cahaya. Fototropisme terbagi dua yaitu fototropisme positif dan fototropisme negatif. Pada umumnya, bagian tumbuhan di atas tanah bersifat fototropisme positif, misalnya bunga matahari akan mekar dan batangnya mengikuti sinar matahari. Sedangkan akar bersifat fototropisme negatif.

Ide Inovatif bagi Dunia Pertamanan

Bentuk pot terbaru ini memiliki bentuk kerucut pada bagian bawahnya sehingga memungkinkan pot untuk memutar. Dengan demikian, tanaman dapat bergerak mengikuti arah datangnya matahari lebih mudah. Tanaman yangg mendapatkan cahaya matahari secara intensif akan tumbuh lebih sehat.

Pot-pot ini dibuat dari tanah liat dan merupakan hasil pekerjaan handmade. Dengan bentuk bawah yang unik, pot dapat dengan mudah memutar tanpa jatuh. Dedaunan pun menjadi lebih banyak terpapar sinar matahari.

Ide sederhana ini dianggap sangat inovatif dan berguna dalam dunia pertamanan. Selain cantik, dengan pot-pot tersebut, tanaman akan menjadi lebih sehat. Sayangnya, pot seperti ini belum bisa diperoleh di Indonesia.

0 Response to "Tanaman Lebih Bebas Bergerak Dengan Pot Unik Ini"

Posting Komentar