Motif Songket Palembang Tunjukkan Kecantikan Asli Indonesia

Hai girls, pastinya kita sudah pernah mendengar kain songket dari pulau Sumatra bukan? Yup benar kain songket ini merupakan slah satu kerajinan warisan budaya dan leluhur bangsa kita Indonesia. Songket ini sendiri sering disebut dengan nama ratu kain, karena kain ini dapat dipadukan dengan berabgai macam model baju terbaru yang kita miliki, tak heran jika baru-baru ini songket dipadu padankan dengan model baju kebaya sehingga bisa emmbuat baju tersebut nampak lebih indah dan menarik.
Motif Songket Palembang Tunjukkan Kecantikan Asli Indonesia (Vemale.com)
Kita dapat menemukan kerajina ini di pulau Sumatra, karena memang kerajinan ini berpusat di pulau tersebut. Daerah terkenal yang memiliki kerajinan songket paling baik dan paling indah adalah daerah pandai Sikek dan Silungkang Minangkabau Sumatera barat, selain itu ada juga di Palembang Sumatra Selatan, perbedaan yang mendasari dari Songket buatan Palembang dengan yang lainnya terletak pada proses atau cara membuatnya atau teknik pengerjaan yang digunakan.

Seperti yang diungkapkan oleh Hasmala di JCC Senayan Jakarta Pusat, Kamis (27/11/2014) lalu “Perbedaan yang mendasari dari SOngket Palembang terletak pada caranya, kalau tenun songket ini umumnya dibuat satu persatu.”

Wanita yang berasal dari Palembang ini mengakui jika sudah bergelut didunia songket ini semenjak puluhan tahun lamanya dan ratusan songket kain telah dai hasilkan, menurutnya untuk membuat sebuah kain tenun songket tidaklah mudah, karena dibutuhkan keahlian khusus didalamnya baik dari sisi teknik maupun kesabaran.

Hasmala nama dari wanita ini mengakui jika dirinya membutuhkan waktu 3 bulan lamanya untuk membuat kain tenun songket yang ukurannya 2 meter, dan dirinya mengakui jika dirinya menenun kurang lebih 8 jam perhari, bisa dibayangkan bukan sist…bagaimana hebatnya ibu ini.

Hasmala juga menjelaskan untuk membuat sebuah enun memang tidaklah mudah, kita bisa emmbuat dengan mesin, hasil lebih cepat dan efisien, akan tetapi hasil akhirnya tetap kurang maksimal karena cepat rusak, berbeda apabila dibandingkan degnan kain songket tenunan manual karena pasti hasil akhirnya bisa diaktakan jauh lebih memuaskan.

Ada berabagai macam motif songket Palembang ini seperti motif bungo intan, bungo cina, rakam, nampan dan lain sebagainya. Harga dari kain tenun songket ini pun cukup bervariasi mulai dari Rp 3.500.000 sampai dengan Rp 35.000.000. harga yang cukup fantastis bukan?

Ibu cantik ini juga memberikan sedikit tips untuk kita, jika kita memiliki kain songket alangkah baiknya jika kita menyimpannya dengan cara digulung lalu membungkusnya dengan plastic yang berwarna putih. Nhah bagaimana sist…? Sudah tahu bagaimana tata cara menyimpan kain tenun songket dengan baik dan benar bukan? 

0 Response to "Motif Songket Palembang Tunjukkan Kecantikan Asli Indonesia"

Posting Komentar