Konsep Baju Minang Jadi Kostum Nasional Terbaik

Kesuksesan Annisa di event internasional Miss Earth 2014 adalah memeroleh Best National Costume. Bangsa Indonesia sangat bangga di mana 14 tahun event berlangsung Indonesia baru menang di tahun ini sebagai kostum nasional terbaik.
Konsep Baju Minang Jadi Kostum Nasional Terbaik
Konsep Baju Minang Jadi Kostum Nasional Terbaik (vemale.com)
Tema yang ditonjolkan pada kostum nasional tersebut adalah tanah kelahiran Annisa; The Glory of Sparkling Minang budaya Minang Sumatera Barat. Annisa mampu membuat para penonton terpukau dengan kostum tersebut. Kostum ini memiliki hiasan jam gadang, warna kuning emas, serta di bagian kepala ada suntiang solok.

Eko Tjandra mengungkapkan bahwa dia memakai bahan yang sangat jarang digunakan. Yakni tenun solok yang memiliki corak serta warna spesial. Menurutnya, orang - orang kebanyakan memakai songket padang. Di bagian mahkota, dia membuat jam gadang, karena hal ini sangat spesial dan beda. Di sini terdapat detail menarik yang mampu dilepas, yaitu pada detail tangan gimmick. Keunikan - keunikan yang disebut oleh Eko inilah yang digunakan di kostum nasional buatannya.

Dia juga menuturkan bahwa budaya Minang sangat indah dan kaya, tak bisa dianggap remeh. Ia juga senang dengan songket Minang bersulam emas dan motif - motif lain. Hal - hal seperti ini yang membikin Eko memiliki ide dan inspirasi merancang busana bertema Minang.

Ikon - ikon yang diterapkan di busana tersebut merupakan ikon yang jarang diliput seperti Jam Gadang, Rumah Gadang, Sunting Solok, dan Songket silungkang.

Eko Tjandra hanya membutuhkan waktu sekitar satu minggu untuk menyelesaikan kostum nasional sebanyak dua buah yang salah satunya merupakan kostum Minang. Biaya yang ia keluarkan sekitar 80 juta rupiah. Dia sukses merancang kostum 15 kg dan mampu menarik perhatian penonton dan para juri.

0 Response to "Konsep Baju Minang Jadi Kostum Nasional Terbaik"

Posting Komentar