Model Baju Atasan Among Tamu

Baju yang terkesan mewah dan bagus akan selalu dilirik oleh para pegiat desain baju dan dilirik oleh kalangan masyarakat umum. Apalagi model baju terbaru yang unik akan selalu dinanti - nantikan kabarnya oleh banyak orang. Beragam fungsi baju, membuat model - modelnya juga ikutan bervariasi. Dari yang model modis dan modern atau yang bermodel tradisional dan retro.
Model Baju Atasan Among Tamu
Model Baju Atasan Among Tamu (chandrarini.com)

Di masyarakat kita, model baju atasan tradisional sering dipakai di acara - acara umum dan di acara - acara tertentu. Model baju tradisional ini adalah seperti baju adat Jawa, Sunda, Toraja di Sulawesi Selatan, baju adat Aceh atau Ulee Balang, baju Ulos yang biasa dikenakan suku batak karo, baju adat Bundo Kanduang serta Penghulu sebagau baju adat Sumatera Barat, baju adat Melayu yang biasa dikenakan warga Riau, baju adat Jambi biasa disebut baju Adat Melayu pula, Aesan Gede sebagai baju adat Sumatera Selatan, Bengkulu, Paksian di Bangka Belitung, Betawi, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Timur, Kalimantan, Maluku, Papua, dan baju adat daerah lain di Indonesia.

Model baju tradisional atau adat tersebut sangat mudah ditemukan di acara pernikahan. Anda bisa memerhatikan kalau sang mempelai pasti memakai pakaian adat tersebut. Walaupun tak semewah baju pengantin, para among tamu biasanya juga memakai baju tradisional / adat. Model baju atasan among tamu tersebut sangat pas karena mempunyai nilai seni dan estetik tersendiri.

Umumnya masyarakat bakal memilih model baju among tamu yang terkesan elegan dan nyaman dipandang mata, karena among tamu adalah orang pertama yang memersilakan tamu untuk masuk ke sebuah acara (misalnya pernikahan).

Lebih detailnya mengapa para among tamu harus memberikan kesan nyaman dan elegan? Among tamu merupakan beberapa orang yang memiliki tugas untuk menyambut para tamu, lalu mengantarnya sambil "ngemong", serta membuka topik perbincangan dengan para tamu. Menurut filosofi, among tamu menggantikan sang tuan rumah dalam penyambutan tamu karena tuan rumah pasti sedang sibuk menerima beragam ucapan dari para tamu.

Para among tamu pria bisa memakai baju adat lengkap dengan beskap. Model beskap yang terkenal biasanya dari Solo dan Yogyakarta. Beskap Yogyakarta mempunyai bagian belakang yang lebih panjang dari pada beskap Solo.

Untuk bagian penutup kepala, among tamu bisa memakai blankon, tapi dengan bentuk yang sangat berbeda. Blankon Yogyakarta mempunyai bentuk yang relatif lebih lonjong dan terdapat tonjolan di belakang. Berbeda dengan blankon Solo yang lebih sudut dan tak memiliki tonjolan.
Model Baju Atasan Among Tamu
Model Baju Atasan Among Tamu (rachaeledwards.com)
Para among tamu bila memakai baju seperti itu, harus memakai bawahan jarik. Jarik di buat sebagai celana yang berbentuk rok. Untuk memasangnya menggunakan sabuk yang dililit di bagian perut. Sebagai aksesori, among tamu juga bisa menggunakan keris yang diselipkan di belakang.

Model baju untuk among tamu wanita bisa memakai kebaya. Model bisa disesuaikan dengan wanita yang berhijab atau yang tidak. Kesan kebaya bisa terlihat elegan jika memakai corak yang khas dan bagus.

Pihak tuan rumah harus peduli dengan baju among tamu. Karena merekalah yang memiliki hajatan, dan yang pasti merekalah yang bakal menentukan kesan pertama tamu yang datang melalui among tamu. Semoga Anda bisa memilih baju among tamu, agar hajatan pernikahan atau hajatan lain bisa terlihat elegan dan enak dilihat.

0 Response to "Model Baju Atasan Among Tamu"

Posting Komentar