Model Baju Atasan Adat Sunda

Kegagahan dan penampilan elegan selalu ditunjukkan dengan gaya berpakaiannya. Semua pria dan wanita mengakui hal itu. Tidak sedikit uang yang digelontorkan demi membuat penampilan Anda terlihat nyaman, rapi, dan enak dipandang. Salah satu nya adalah menentukan model baju terbaru. Penggunaan model yang tepat untuk suasana atau acara tertentu akan membuat penggunanya merasa percaya diri dan pas. Mereka takkan merasa malu dan minder karena salah kostum. Misalnya saja, baju atasan santai yang bisa dipakai di keseharian atau ketika liburan. Baju batik atau baju resmi lain bisa digunakan di acara pesta. Ada pula baju adat yang dipakai ketika mengikuti acara perayaan hari atau acara tertentu.
Model Baju Atasan Adat Sunda
Model Baju Atasan Adat Sunda (picturerumahminimalis.com)

Seperti yang kami sebut di awal bahwa ada jenis pakaian atau baju atasan tertentu yang hanya digunakan di acara tertentu pula. Model baju atasan tradisional (adat) adalah salah satunya. Baju ini dipakai untuk acara - acara yang berhubungan dengan adat atau perayaan hari tertentu. Seperti di hari Kartini banyak orang yang memakai baju atasan jenis beskap atau surjan untuk laki - laki sedangkan baju kebaya untuk para perempuan. Di acara adat Rambu Solo' orang - orang Toraja menggunakan pakaian adatnya sendiri. Dan seperti di acara adat Seren Taun. Di mana orang - orang Sunda memakai baju adatnya.

Ada beberapa macam model baju atasan adat Sunda. Yang pertama adalah baju atau pakaian Menak/bangsawan. Pakaian ini memang biasanya dipakai oleh para kaum bangsawan dengan jas beludru serta celana panjang berwarna hitam berhias sulaman emas. Kain yang dipakai adalah dodot bermotif rereng parang rusak. Aksesorisnya ada bendo bermotif mirip penutup kepala, sabuk, dengan alas kaki selop hitam atau sepatu. Sedangkan untuk para wanita berbentuk beludru berwarna hitam berhias sulaman benang emas (mirip dengan baju pria), kain jenis kebat bermotif rereng. Untuk aksesori nya menggunakan cincin, gelang, giwang, dan sebagainya.
Model Baju Atasan Adat Sunda
Model Baju Atasan Adat Sunda (annehira.com)

Ada pula baju adat untuk kaum menengah. Baju ini terdiri dari kain jenis kebat batik, baju bedahan putih. Untuk bagian kepala menggunakan ikat kepala dengan bentuk mirip baju bangsawan, alas kaki, sabuk, dan arloji dengan rantai emas digantungkan di saku baju adat tersebut. Sedang untuk para wanita pakai kain jenis kebat batik yang panjangnya sampai mata kaki, kebaya dengan warna bermacam - macam, beubeur, alas kaki, dan selendang berwarna.

Baju adat untuk rakyat biasa biasanya berbentuk celana pangsi atau komprang. Lengkap dengan baju kurung, ikat kepala, sabuk, dan sarung poleng. Untuk para wanita berbatik panjang, kamisol, ikat pinggang. Perhiasannya memakai suweng pelenis, gelang, cincin polos perak.
Model Baju Atasan Adat Sunda
Model Baju Atasan Adat Sunda (fitinline.com)
Selanjutnya model baju adat mojang dan jajaka. Para pria memakai jas takwa berwarna bebas, kain dodot, celana panjang, serta bendo (penutup kepala). Sedangkan para wanita berbentuk kebaya polos yang lengkap dengan manik - manik atau sulaman, kamisol, kain kebat dilepe, serta sebagai pemanis adalah karembong.

Selain baju adat seperti di atas, Sunda juga memiliki baju adat untuk pengantin yang dibagi menjadi baju pengantin Sukapura dan baju pengantin Cirebon.

Dengan mengerti apa dan seperti apa model baju atasan untuk adat Sunda, kita sebagai bangsa Indonesia umumnya dan orang Sunda khususnya harus elalu melestarikannya dengan cara memakainya walaupun hanya beberapa bulan sekali.

0 Response to "Model Baju Atasan Adat Sunda"

Posting Komentar