Cara Mencegah Baju Bau Apek

Di bulan ini kita sudah merasa bahwa musim hujan memang sudah tiba. Tapi cuaca di musim ini sering membuat cemas ibu - ibu yang mencuci baju. Kemungkinan besar, baju - baju yang sudah dicuci tidak sempat dijemur karena selalu mendung dan hujan.

Cara Mencegah Baju Bau Apek
Cara Mencegah Baju Bau Apek (vemale.com)
Sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan cara sederhana, yakni dijemur di dalam ruangan selama ruangan tidak lembab dan mempunyai sirkulasi yang sangat bagus. Ditambah tips - tips di bawah ini Anda bisa mengantisipasi bau apek yang akan dialami jemuran Anda.

  1. Jemur pakai jeda, Jangan jemur secara bertumpuk. Lebih baik digantung dan berikan jeda sehingga lembab pada jemuran bisa cukup menguap. Hal ini untuk menghindari apeknya baju. Secara teknis, gantung pakaian yang sedang Anda jemur dengan jeda paling tidak setengah jengkal jika pakaian Anda tak terlalu banyak. Jika tempat jemuran terlalu pendek tapi pakaian yang Anda jemur cukup banyak beri jeda sekitar satu centimeter sudah cukup. Nah kalau jemuran sudah sangat banyak, tak sebanding dengan panjang jemuran, lebih baik beli atau buat jemuran baru yang lebih panjang. Jangan jemuran berbentuk melingkar karena akan perjuma jeda yang Anda buat.
  2. Quick wash, Cuci dengan waktu yang pas, jangan lama - lama direndam karena bisa membuat baju menjadi apek. Apeknya baju bisa diakibatkan oleh sabun serta bahan lain. Bilas dan peras baju semaksimal mungkin. Hal ini sangat mudah apabila Anda menggunakan mesin cuci dan mesin pengering pakaian. Bagi yang tidak menggunakan mesin, mencuci dengan cara seperti ini sangat menguntungkan. Penghematan waktu adalah salah satu manfaatnya. Dengan merendam cucian sebentar saja, Anda tak perlu menunggu lama - lama. Karena setelah beberapa menit merendam, Anda bisa langsung mencucinya. Sabun atau deterjen sangat berperan penting. Sewangi - wanginya deterjen, jika terlalu lama digunakan untuk merendam "sama aja bo'ong". Ini bisa Anda buktikan sendiri, makin lama deterjen digunakan untuk merendam, baunya bakal seperti pakaian kotor.
  3. Pakai kamper, Jika pakaian sudah rapi dan kering masukkan dalam lemari. Pakai kamper untuk mencegah bau yang tak diinginkan. Tapi banyak sekali pelicin yang baunya bertahan lama. Kamper tidak hanya digunakan untuk memberikan bau wangi, tapi juga untuk menghindari serangga seperti ngengat mengotori baju Anda. Serangga tersebut tak hanya merusak dan mengotori kain, tapi juga bisa menyebabkan bau khas mereka. Sehingga kamper sangat berguna untuk keadaan seperti ini.
  4. Semprot dengan pewangi, Hal ini dilakukan sebelum kering seratus persen, mungkin sekitar 75 persen. Semprot baju tersebut dengan pewangi. Hal tersebut dilakukan supaya harum pewangi tak hilang percuma karena menguap bersama hasil rendaman. Setrika sambil ditambah pelicin lebih baik.

Pewangi bisa beragam bentuk. Ada yang botol, sachet, refill, maupun yang sejenisnya. Menggunakan pewangi bisa menghemat penggunaan parfum Anda. Banyak sekali pewangi yang menawarkan wangi awet, tak lekas hilang. Jadi, pemilihan pewangi yang awet sangat menentukan untuk tips keempat ini. Semoga dengan menerapkan tips di atas Anda bisa menjaga pakaian favorit tetap nyaman dan wangi.

0 Response to "Cara Mencegah Baju Bau Apek"

Posting Komentar